JIka masih muda, belajar hal baru adalah sesuatu yang menyenangkan dan sangat mudah jika kita sangat menyukainya, namun seiring bertambahnya usia, kemampuan untuk mempelajari hal baru semakin menurun, tergantung dari kesibukan sehari-hari. perlu diingat bahwa ketika sudah dewasa ada hal yang tidak bisa di tinggal yaitu pekerjaan untuk matapencaharian, atau keluarga yaitu berupa tanggung jawab mengurus keluarga.

Ketika umur bertambah, belajar hal baru lebih berat daripada saat kita masih muda, dan saya merasakannya. entah apakah karena kapasitas kemampuan otak, faktor kesehatan mempengaruhi, kelelahan kesibukan sehari-hari mungkin juga mempengaruhi. Terkadang jika di pikir kenapa dari muda tidak memilih belajar lebih banyak lagi. Yah karena faktor lingkungan, faktor biaya. untuk mendapatkan semua edukasi tentu perlu biaya pada jaman saya tentunya. Jaman sekarang butuh biaya juga, bahkan makin berkualitas makin mahal. kalau yang gratisan yah biasa hanya kulitnya saja. tapi balik lagi kepada kemampuan masing-masing individu.

Saat ini saya merasakan belajar hal baru, lebih berat ketimbang waktu muda dulu. jadi harus memiliki kesabaran jika ingin belajar sesuatu yang baru. bahkan membaca buku rasanya semakin mudah lelah, jika bacaan yang dibaca bahasannya cukup berat. Mungkin karena pikiran atas beban tanggung jawab juga. ketika masih muda kan tidak ada beban pekerjaan atau keluarga jadi lebih bebas dalam beraktivitas.

intinya saya lagi belajar hal baru, dan tetap akan belajar lagi, sampai bisa, tidak mau menutup mata dengan penyesalan.

JH mind Mind Blog ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.