Kenapa Literasi Indonesia sangat rendah?

  1. Literasi yang rendah ini disebabkan oleh tidak ada dukungan dalam keluarga untuk menciptakan kebiasan atau budaya membaca di dalam rumah.
  2. TIdak menjadikan buku sebagai sebuah sumber pengetahuan dan informasi dalam kalangan pelajar, tentu karena perkembangan jaman google adalah yang terbaik.
  3. Tidak semua orang bisa mengakses buku-buku berkualitas, khususnya di daerah.
  4. Mahalnya biaya distribusi untuk ke daerah, membuat harga sebuah buku menjadi lebih mahal, dan bahan baku pembuatan buku juga semakin mahal. Jika harga buku mahal, buku bukan merupakan prioritas sebagai bahan untuk belajar.
  5. Kebiasaan masyarakat lebih cenderung untuk bermain media sosial, kecanduan akan media sosial, bermain dengan permainan gadget, cenderung memilih menonton televisi dan streaming lainnya sebagai hiburan daripada membaca buku.
  6. mitos buku bawa membaca buku adalah seorang yang kutu buku.
  7. Dukungan pemerintah yang kurang maksimal, walaupun sudah dengan adanya aturan yang berlaku untuk mendukung literasi ini masih terkesan seadanya saja. Jadi gerakan yang ada tidak diikuti dengan antusias mayarakat.

kalau menurut kalian bagaimana? kalau ada tambahan dan koreksi feel free untuk komen dibawah. terima kasih atas perhatiannya.

JH mind Mind Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.