Yah kamu gak salah dengar, literasi indonesia itu no 2 tapi dari bawah. Padahal Indonesia punya banyak perpustakaan yang gede-gede dan bagus, tapi yang pakai dikit. dikatakan juga penyediaan buku indonesia masih lebih dari negara eropa. mungkin maksudnya daerah perkotaan kali yah. kalau daerah pinggiran memang kurang. oke, disini menurut Unesco Indonesia itu di urutan no 60 dari 61 negara di dunia dalam hal ketertarikan membaca buku. Jangan ketawa dulu, yah. eh boleh deh tertawa. karena indonesia paling hebat dalam berkicau di media sosial. bahkan masuk dalam 10 negara teratas atas paling sibuk bermain media sosial. iyalah bayangkan saja rata-rata penduduk Indonesia bisa memandang layar hp sampai 9 jam. ini menurut digital marketing research institute E marketer. di tahun 2020 dan 2021 mungkin bertambah jadi 10-15jam. Soalnya terkenal dengan istilah kaum rebahan. Mau tahu jumlah smartphine di indonesia? yah pada tahun 2019 aja sudah 60juta, dan analisa 2020 mencapai 100juta smartphone. sekarang 2021 ehm miris yah.

coba deh baca lagi manfaat dari membaca buku, (ada di blog sebelumnya), makanya gak heran rata-rata para user yang notabene nitizen smartphone kebanyakan mengalami emosi yang tidak stabil, gampang marah di media sosial dan galau sampai stres. Yah itu terlalu banyak mengkonsumsi media sosial, baik dari yang ringan sampai yang paling racun. Kalau kamu sudah sampai tahap itu, jangan cari self help di medsos, tapi lakukan real aktivitas dan olahraga. kurangi screen time untuk hal ndak jelas. tentunya baca buku. 😀

Di Indonesia sudah ada gerakan-gerakan yang mendukung gerakan literasi. bahkan ada tokoh yang memberikan contoh betapa pentingnya membaca. beneran membaca buku yah. karena banyak juga orang punya buku, hanya untuk di pajang tapi gak dibaca, hanya untuk estetika lemarinya. kira-kira gerakan apa saja yang ada untuk mendukung literasi indonesia?

berikut adalah kegiatan yang dilakukan pemerintah untuk mendorong literasi indonesia. yaitu

  1. program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku atau disingkat GERNAS BAKU.
  2. Untuk membangun budaya literasi bangsa, pemerintah Indonesia telah menerbitkan sedikitnya delapan payung hukum yang terkait diantaranya:
    • Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 4 ayat 5
    • Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 48 ayat 1
    • Undang-undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan pasal 1 dan 36
    • Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan UU nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan pasal 74
    • Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti bagian VI.
    • Standar Nasional Perpustakaan Nasional 2017
    • Panduan gerakan literasi nasional tahun 2017
    • SK Dirjen Pendis Kementerian Agama nomor 511 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah.
  3. Untuk meningkatkan minat baca, maka pemerintah membuat Taman Bacaan Sekolah (TBS), Taman Bacaan Masyarakat (TBM,) Taman Bacaan Keliling (TBK), dan Taman Bacaan Digital (TBD). Pendirian taman-taman bacaan diharapkan mampu mendorong minat baca anak dan masyarakat.
  4. Kegiatan swadaya dari masyarakat yang menerima sumbangan buku dan mengembalikan kembali ke masyarakat seperti lemaribukubuku, booksonthego, bookhive, dan banyak lagi. namun skala mereka masih kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.

Sekarang banyak juga buku dalam bentuk digital, namun tidak banyak yang mengaksesnya. karena masyarakat cenderung lebih suka melihat video dibandingkan tulisan. serta lebih memilih membeli pulsa daripada membeli paket bacaan digital. apalagi sekarang banyak penggiat yang membuat resume dari buku-buku, yang akhirnya gak baca buku juga, lebih memilih menonton resume nya di video. daripada membeli, menyewa, meminjam buku dan membaca sendiri.

kalau dibahas kayaknya gak bakal ada habisnya, jadi menurut pendapat kamu gimana?

source yang gue ambil :

-https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/peran-pemerintah-dalam-membangun-budaya-literasi-indonesia

-http://bppauddikmasntt.kemdikbud.go.id/index.php/11-artikel/70-gerakan-literasi-nasional-gerakan-bersama-demi-mencerdaskan-kehidupan-bangsa

-https://rumahliterasiindonesia.org/

-http://indonesiabaik.id/motion_grafis/gerakan-literasi-nasional-strategi-giatkan-minat-membaca

JH mind Mind Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.