Bersikap Minimalis

Hidup Minimalis, saya mengetahui minimalis sudah cukup lama, tapi tanpa saya sadari, dari mudah karena saya membatasi atas kebutuhan daripada keinginan. Namun balik lagi karena focus saya hanya Pendidikan dan hoby, tidak melirik kekiri kanan. Karena jaman dulu onlineshop tidak sebanyak sekarang. Jadi gangguan untuk mempengaruh keinginan juga sangat kecil.

Hidup minimalis memiliki banyak pengertian, ada yang ektrem ada yang terbatas pada ketentuan tertentu. Minimalis dalam bentuk pengertian yang ektrim adalah tidak menggunakan alat apa pun kecuali hanya 1 hal dibutuhkan saja, tidak ada aksesoris ataupun hal lainnya. Seperti tempat tidur hanya 1, alat makan hanya sepasang, baju hanya beberapa set, dedikasinya cukup dalam, seperti kehidupan sederhana mirip kehidupan para bhiku  seorang pengabdi agama. Kehidupan minimalis lainnya adalah hanya memiliki baju yang sama, bisa di hitung jari, hanya memiliki sepasang sepatu, dan satu – dua macam barang dalam kesehariannya. Minimalis yang lain adalah tidak menumpuk baju di lemari, atau barang yang dimiliki hanya 1 macam untuk produk yang dimiliki. Food minimalis juga ada, jadi hanya makan, makanan yang sudah di siapkan dan dengan jenis yang terbatas dalam seminggu atau sebulan. 

Menurut wikipedia Hidup sederhana atau gaya hidup minimalis merujuk kepada sejumlah praktik sukarela untuk menyederhanakan hidup seseorang. Misalnya, memilih tinggal di rumah minimalis tindakan mengurangi jumlah dan jenis harta kepemilikan atau meningkatkan kemandirian. Ciri gaya hidup ini ialah adanya perasaan puas dan cukup terhadap “apa yang dibutuhkan”, bukan “apa yang diinginkan”. Gaya hidup minimalis juga memiliki perbedaan signifikan dari kemiskinan akibat situasi eksternal, sebab ia mensyaratkan kesukarelaan. Para penganut gaya hidup minimalis bisa memiliki berbagai motivasi untuk menjalankan lakunya, misalnya demi spiritualitas, kesehatan, menambah kuantitas waktu spesial di tengah-tengah keluarga dan para sahabat, menyeimbangkan waktu bekerja dan menikmati hidup, selera pribadi, berhemat, atau mengurangi sampah dan mencegah stres. Gaya hidup minimalis juga bisa muncul sebagai respons aktif atas materialisme, dan konsumtivisme.

Gaya hidup minimalis sudah diterapkan oleh masyarakat muda jepang. Dan cara untuk menerapkan hidup minimalis akan sangat mudah buat sebagian orang, namun akan sulit, buat yang belum terbiasa, berikut tip menjalankan hidup minimalis :

  1. Memilah barang yang sudah tidak terpakai
  2. Fokus kepada kebutuhan bukan keinginan
  3. Kebahagian bukan pada barang tapi kehidupan
  4. Utamakan fungsi daripada merk
  5. Mengetahui prioritas dalam kehidupan
JH mind Mind Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.