“Keuntungan yang Tidak Adil:

“Bagaimana jika Anda Sudah Memiliki Apa yang Diperlukan untuk Sukses”.

Ini ditulis oleh dua pengusaha dan investor Ash Ali dan Hasan Kubba dalam buku unfair advantage. Bahwa hidup pada dasarnya tidak adil. Ketika kita melihat orang-orang sukses, mereka biasanya tidak hanya sampai di sana dengan kerja keras, biasanya ada barang lain yang memainkan peran kuat seperti keberuntungan, keadaan, hak istimewa, hal semacam itu. Dan persamaan yang muncul di pikiran sukses, namun kami ingin mendefinisikannya adalah semacam kombinasi dari permainan yang adil dan keuntungan yang tidak adil.

Permainan yang adil itu berarti semua orang memiliki faktor-faktor yang kita lihat dan berpikir dengan sumber informasi dan daya yang sama. Sebagai contoh, pendiri start-up yang harus bangun jam 3 setiap pagi dan kemudian pergi untuk lari dua jam dan kemudian sibuk dengan laptopnya sepanjang hari mencari dan melakukan penelitian dan hanya bekerja sangat keras demi penemuannya masing-masing. Itu akan menjadi keuntungan yang adil bagi semua orang, karena memiliki sumber yang sama, tingkat kerja keras yang sama. Jadi bisa dibilang ini adalah permainan yang adil. Di satu sisi, itu adalah sesuatu yang bisa ditiru oleh kita semua jika kita ingin mendirikan startup dan itu adil buat semua pihak.

Namun dikatakan tidak adil (yah karena saat ini semua itu tidak adil) sebagai contoh : pendiri startup yang sama, katakanlah punya orang tua yang super kaya

dan menginvestasikan setengah juta dolar ke dalam perusahaan mereka sejak hari pertama, itu akan menjadi keuntungan yang tidak adil. Ini adalah keuntungan yang sangat membantu bisnis tetapi sesuatu yang tidak mudah ditiru oleh kita semua. Atau di indonesia contohnya, jika kamu memiliki koneksi teman dan keluarga untuk mendapatkan sumber pendanaan, ide dan realisasi ide. 

Sudah mulai merasakan keuntungan yang tidak adil disekitar mu?

comment dibawah kira-kira apa saja keuntungan yang tidak adil di lingkungan sekitar mu?

JH mind Mind Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.