Setiap pribadi memiliki mimpinya masing-masing. Bagi yang memulai dari nol, mimpinya adalah dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Setelah merasa cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Keinginan pun berubah, dari gaya hidup dan kebutuhan. Namun disayangkan generasi muda, kebutuhan tersebut bergeser menjadi keinginan. Dimana pada saat ekonomi terbatas, bisa mengendalikan rasa “want” tersebut dan focus ke “need”.

Nah masalah muncul pada saat “want” mengalahkan “need”. Akhirnya setelah memiliki penghasilan cukup, godaan pun datang. Seperti ingin mengupgrade gadget, fashion, dan barang-barang lainnya. Jebakan yang paling parah adalah kecanduan gadget, yang mengakibatkan ingin gadget tercanggih. Padahal dalam dunia gadget setiap tahun selalu ada produk terbaru, setiap bulan ada produk-produk tambahan terbaru. Yang mengakibatkan willing to buy nya tinggi. Begitu juga dengan fasion yang selalu ada produk terbaru dan trend terbaru. Karena pola pikir ini lah yang membuat tabungan anda tidak pernah meningkat dan tidak punya tabungan masa tua.

Anda akan sadar, ketika umur sudah bertambah tua dan menyesal atas apa yang telah dilakukan di masa lalu. Jika kamu memiliki idola figure orang sukses yang sudah berumur dan memiliki bisnis puluhan tahun. Maka langkah yang di hadapi akan berbeda. Jadi apa yang harus dilakukan?. Stop gengsi. Mulai tabungan untuk hari tua. Tidak berhutang untuk keperluan konsumtif dan menjaga nama baik.

JH mind Mind Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.