Keep strong – selalu kuatkan hati bahwa kamu bisa untuk maju

Buat kita yang pernah mengalami masa pahit di masa lalu, tidak akan bisa melupakan kenangan yang tidak menyenangkan di masa lalu. Untuk mengatasi hal tersebut, ada hal sederhana yang dapat kita lakukan yaitu dengan berpikir positif atau jika belum sanggup, cukup sibukkan hari mu dengan kegiatan positif dengan selalu mengatakan “apa yang harus saya lakukan sekarang?” berkali – kali mengucapkan hal tersebut untuk tahap awalnya. Ingat hidup adalah proses, dan banyak motivator yang mengatakan sukses di awal adalah kelemahan, kegagalan demi kegagalan adalah sumber pembelajaran yang paling kuat. Yang membuat kamu menjadi lebih gigih terhadap hidup.

Untuk tahap berikutnya adalah carilah figure yang dapat menguatkan anda. Seperti sebagai contoh figure Oprah Winfley dimana dia di masa kecil mengalami masa kecil yang sangat menyakitkan dan kelam (anda bisa baca profil hidup) namun bisa bangkit dari keterpurukan dengan selalu berkarya yang akhirnya menjadi wanita paling berpengaruh di dunia.

Figure lain yang bisa dijadikan penyemangat hari mu adalah perjuangan Nick Vujicic tanpa kaki dan tangan bisa bertahan melawan bullyng (perundungan) oleh teman-teman sekolahnya yang mengangapnya sebagai bahan ejekan setiap hari. Yang sangat menyakitkan. Namun berhasilkan meluluhkan banyak orang dengan semangat dan rasa bersyukur yang dimilikinya.

Kita bisa kuat dengan selalu bersyukur dan terbuka dengan lingkungan sekitar yang positif. Jadilah bagian dari dunia dengan berbuat kebaikan walau sekecil apapun itu.

Need help

Pernahkan anda bertemu dengan orang yang minta pertolongan? Namun orang yang diminta tolong tersebut seperti anak kecil polos, yang kehilangan arah. Kita pun yang ingin membantu, menjadi tidak bisa membantu, karena memang tidak ada jalan untuk orang tersebut. Bisa dikatakan orang tersebut bawah diri untuk minta tolong, tapi dia sendiri gak tahu apa yang mau ditolong.

Pemikirannya seperti ini. Pernah naik Grab, Uber dan Gojek?

Kita naik kendaraan online tentunya untuk meminta bantuan, betul? Yah meminta bantuan untuk di antarkan ke tujuan.

Nah pada saat kita naik kendaraan, minta bantuan untuk di antar, disaat sopir bertanya, “mau kemana pak/bu/sis/bro? “  dan kamu jawabnya “gak tahu, pokoknya saya butuh bantuan untuk diantar, antar saja saya ke tempat yang penuh kenangan dan menuju kesuksesan” 

Jawaban sopir bisa ada 3 kemungkinan, pertama kamu ditendang keluar, kedua kamu diantar tapi Cuma putar-putar di satu komplek dan balik lagi ke tempat awal, ketiga kamu diantar makin jauh dari rumah dan diturunkan di tempat yang tersesat. Ini sama dengan diri kamu, jika kamu minta bantuan kamu harus jelas dulu tujuan dalam hati kamu. Kalo menurut jay find your purpose and passion, jika menurut simon sinek (motonya start with why) kamu harus memiiki why dalam perusahaan dalam kasus ini why dalam hidup mu.

Jika kamu gak tahu tujuan mu dan meminta bantuan dengan orang yang tidak tepat, yang ada kamu ditolak. Jika kamu tidak tahu tujuanmu dan meminta bantuan mentor yang juga tidak tahu tujuan mu, kamu hanya akan di ajak berputar – putar kembali ke tempat awal kembali. Begitu juga jika kamu gak tahu tujuanmu dan meminta bantuan mentor yang ada anda dibawah makin jauh dari mimpi dan sukses yang seharusnya kamu dapat.

Analogi lainnya seperti kita membeli tiket pesawat. Kamu gak tahu tujuannya kemana, dan kamu tanya ke tukang tiket tersebut. Saya gak tahu mau kemana, tapi saya mau terbang tinggi. Caranya gimana? Pasti anda akan diusir sama security. Penjual tiket hanya tahu tujuan mu dan menentukan pesawat yang harus kamu naiki. Mengenai prosesnya sampai ke pesawat tersebut dan perjalanan nya hanya kamu sendiri yang lakukan. Itu lah yang disebut dengan “proses”.

Jadi saat ini sebelum melangkah lebih jauh. Tentukan tujuan mu, tentukan why mu. Semoga bermanfaat.

Terima kasih. Semoga bisa membantu lebih banyak orang lagi.

JH mind Mind Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.