Salah satu manfaat dari penggunaan Akuntansi ini adalah sebagai bahan pertimbangan dalam mempertahankan modal.

Audit operasional pada umumnya merupakan kegiatan pemeriksaan dari segi efisiensi, efektivitas dan ekonomis. Dalam melaksanakan audit, perhatian utama ditekankan pada kegiatan yang dapat diperbaiki dimasa yang akan datang dan perlu diperhatikan bahwa tujuan audit tidak hanya ingin melakukan tindakan perbaikan tetapi juga untuk menghindari kemungkinan terjadinya kelemahan dan kekurangan dimasa yang akan datang.

Evaluasi atas prosedur dan metode yang dilaksanakan oleh pihak manajemen untuk menilai ekonomis, efisiensi, dan efektivitas operasi perusahaan.

Auditing harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan disiplin ilmu yang diperlukan untuk melaksanakan tanggung jawab dan memberikan keyakinan bahwa audit telah dioperasi dengan semestinya dan harus terampil dalam berhubungan dan berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang.

Akuntan dalam menyusun suatu program pemeriksaan, perlu disesuaikan dengan hasil evaluasi pengendalian intern dan tujuan pemeriksaan yang hendak dicapai.

Finance bertujuan untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran kas.

Akuntan dalam menjalankan pemeriksaan perlu mengumpulkan bukti-bukti yang mendukung hasil pemeriksaan yang dilakukan. Jenis bukti pemeriksaan yang lazim diperoleh akuntan selama menjalankan pemeriksaan.

Adapun maksud dan tujuan akuntan melaksanakan hal ini adalah untuk mencapai sasaran yang menyeluruh dalam menentukan apakah sistem pengendalian intern telah dilaksanakan secara efisien dan efektif. Dan apakah laporan operasional telah disajikan secara layak dan sesuai dengan realitas dan target yang ingin dicapai.

Pada dasarnya akuntansi berkembang dari tata buku berpasangan.

Akuntan adalah hal yang bersangkutan dengan proses-proses pencatatan, penyortiran, pengklasifikasian data. Kegiatan utama dalam pembukuan adalah terbatas hanya melakukan pencatatan data kegiatan perusahaan. Interpretasi serta penyajian laporan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan-keputusan finansial. Akuntansi berkembang dari peningkatan tata cara dan penggunaan pembukuan.

JH mind Mind Notes