Bhikkhu Abhayanando Mahathera

Rahasia menjadi orang yang selalu beruntung.
terus berjuang, tidak pasrah
kondisi itu sangat penting.
berbuat kebajikan akan berbahagia, baik kehidupan ini dan akan datang. dikondisikan dengan perbuatan baik. beliau mendapatkan itu tidak serta merta. ternyata kehidupan sebelumnya telah mengkondisikan. ketika beliau berbuat baik, mempersembahkan makan. ditekadkan.
ini saya persembahkan diri kepada buddha.
di jaman Buddha Gautama, selalu tidak kurang. dan selalu didukung.
untuk mendapatkan kebaikan dan keburuntungan keberkahkan dibutuhkan namanya kondisi. apa yang bisa dikondisikan tentu perbuatan baik. ada 38 berkah. sesungguhnya kebajikan2 yang dapat di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. praktekkan dalam manggala sutta.
keberuntungkan itu tidak serta merta timbul, ada yang mengkondisikan. bukan jatuh dari langit. kebahagiaan akan di dapatkan kalau kita mengkondisikan. siapa yang mengkondisikan? diri sendiri. bukan orang lain. diri sendiri mengarahkan ke arah yang benar.
dalam dhammapada, oleh diri sendiri kebaikan di lakukan, oleh diri sendiri kejahatan di lakukan.
pelaku kebajikan akan berbahagia.

untuk mendapatkan kebahagiaan ada 4 hal yang dimunculkan. yang pertama adalah giat rajin ulet. dalam hal apapun.
keberuntungan dengan untung itu berbeda. keberuntungan itu ada sesuatu yang menuntun ke kebahagiaan. baik jiwa dan batinia. kita harus rajin dan ulet. karena berkah tidak jatuh dari langit.

kita berharap kebahagiaan, mengembangkan kerelaan, berperilakukan baik, dan mengarahkan kebaikan. praktek sila, bhavana. maka itu menjadi dasar mendapatkan kebahagiaan.
ketika orang berusaha mendapatkan kebahagiaan maka perlu dinamakan berbagi. jika orang sudah bekerja dalam kehidupan masing-masing tidak menikmati sendiri, tapi berbagi. jangan kikir yang mengarah pada menderita.
mereka yang memberikan kebahagiaan kepada orang lain, maka akan berbahagia.

dalam kehidupan ini, orang selalu berharap beruntung, tetapi kita harus bijak, bahwa kehidupan itu berproses, tapi kenapa masih ada kesulitan, sehingga putus asa. ada juga karma baik, dan posisi baik, jatuh pada kesombongan, lupa akan berproses. dalam kehidupan ini ketika dalam posisi baik. harus juga ada yang namanya anica, jatuh ke kesombongan, akan menderita.

ada orang yang tidak beruntung paling menderita banyak karma buruk, kemudian karena kecewa, untuk apa hidup sudah berjuang dan putus asa. ketika putus asa tidak ada daya juang. maka justru semakin menderita. artinya dalam kondisi sulit. artinya harus bangkit. tempu kehidupan benar, siapa yang menjalankan kehidupan benar maka harus bijak . kebahgiaan itu muncul jika dikondisikan.
giat, ulet, berbagi, jangan putus asa.
maka akan menemukan kebahagiaan.

  1. Kondisi (keberuntungan itu butuh kondisi) dipraktekkan.
  2. Siapa yang mengkondisikan, kita sendiri
    rajin ulet tekun,
  3. Mau berbagi,
  4. Jangan sombong, jangan putus asa dalam kondisi terpuruk.

JH mind Mind Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.