Ketika menonton film favorit, seberapa sering kita menjadi karakter utamanya. bukan sekedar pihak ketiga yang menyimak. Sebagai contoh kita menonton film yang cukup emosional. kita pun bisa merasakan kehilangan orang yang telah meninggal dalam film tersebut.

Empath adalah istilah spiritual yang mampu merasakan emosi dari orang-orang sekitar menjadi emosi mereka sendiri. Para empath melihat dunia secara berbeda dari orang lain, dan sangat sadar kesakitan, kesedihan dan apa yang sedang orang lain butuhkan secara emosional. 

beberapa bulan ini energiku gampang habis, setelah di telusuri, saya memiliki emphat yang tinggi. dimana jika pergi ke tempat yang sedih seperti pemakaman, atau acara tertentu, saya bisa merasakan hal tersebut. dan menjadi bagian tersebut seperti kesedihan, kemarahan, kecewa dan sebagainya.

Saya selalu bilang ke teman-teman empath ku tinggi. jadi tidak bisa nonton film seperti sinetron, drakor dan lainnya. karena bukannya hiburan yang kudapatkan, malah habis energi. Jadi lebih baik saya melakukan aktivitas yang merupakan bagian dari hobi. Beberapa hobi baru selama pandemi yang saya jalani adalah mencoba mengurus tanaman, sepeda, kick boxing, memperdalam dunia video, mengingat kembali martial art seni gerak yang sulit menggunakan alat-alat khusus. dan lebih banyak lagi bereksperimen dengan alat-alat bersama anak-anak. kamu bisa lihat di channel youtubeku bersama anak-anak.

Karena memiliki Emphat yang tinggi, saya belajar untuk cuek, bukan bearti tidak peduli, dan jadi dingin. tapi memilih untuk menjaga kualitas hidup diri sendiri supaya yang seimbang ini tidak goyah oleh keadaan sekitar. dan mulai memilih, yang perlu di bantu dan tidak terhadap kegiatan sosial dan lainnya yang membutuhkan bantuan. dan mulai menyadari kegiatan sosial tersebut benar menyentuh ke hal yang baik. Emphat itu baik, karena dengan ini kita sadar bahwa kita memiliki rasa sayang dan cinta yang tinggi terhadap sesama.

Kekurangan:

  • Cepat merasa lelah secara emosi, bisa sampai seperti kejang di kepala
  • Kesulitan untuk menemukan waktu untuk diri sendiri
  • Kemampuan untuk membaca orang lain ini mungkin terasa mengganggu bagi beberapa orang, termasuk saya.

cara terbaik adalah off semua gadget online, dan fokus terhadap yang harus di kerjakan.

tobe continue, anak les. 😀

JH mind Mind Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *