Otak besar

Otak besar disebut juga dengan Serebrum yang berfungsi mengatur semua aktivitas mental. Yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi), ingatan (memory), kesadaran, dan pertimbangan. Jadi bisa dikatakan bahwa otak besar merupakan bagian yang menggerakan kesadaran atau melakukan gerakan-gerakan yang memang benar disadari sesuai dengan kehendak kita. Meskipun ada gerakan yang merupakan refleks otak.

Otak tengah

Otak tengah atau mesencephalon disebut juga dengan sistem limbik yang berevolusi. Otak tengah berfungsi menjaga tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh, dan kadar gula darah. Otak tengah sangat penting bagi pembelajaran dan memori jangka pendek. Juga memori jangka panjang.

Otak belakang

Otak belakang meliputi jembatan varol (ponds), sumsum lanjutan (medulla oblongata) dan otak kecil (cerebellum). Ketiganya membentuk batang otak (brainstem). Batang otak juga disebut dengan sistem otak merupakan penghubung antara otak dengan sumsum tulang belakang. Berfungsi mengontrol sistem pernapasan dan saraf kranial yang berfungsi mengatur laju denyut jantung.

JH mind Mind Blog