Jika memandang sekelilling mu, di pastikan dunia tidak akan pernah adil. Walau berbagai sistem kepercayaan seperti agama dan lainnya berusaha menenangkan diri masing-masing orang yang memiliki masalah kehidupan. Masalah kehidupan itu seperti makan, pendidikan, pakaian dan kebutuhan sehari-hari.

Ada yang terlahir sudah menjadi berkecukupan. Yang menurut agama tertentu itu bagian dari karmanya di masa lalu. Ada juga yang mengatakan ini merupakan karunia dan sebagainya.

Lalu bagi yang terlahir tidak berkecukupan dianggap takdir, karma dan ada juga yang mengatakan belum karunia dan sebagainya sesuai versi kepercayaan masing-masing.

Saat ini, saya bisa merasakan orang-orang tersebut. Diantara mereka bercerita ketidakadilan perlakuan, atasan dan sebagainya. Bahkan sampai mencirikan contoh-contoh kejadian yang tidak adil. Jika sudah mendengar hal tersebut, tentu saya berpihak ke mereka. Walaupun saya tidak mengalami sendiri, namun jadi ikut merasakan penderitaan yang mereka alami.

Pernah tidak kamu yang membaca disini bisa menjadi marah dan ingin bertindak atas ketidakadilan yang diterima oleh teman?

Saya yakin pernah, tergantung tingkat keterlibatan yang ingin disampaikan.

Sebagai contoh, waktu pemilihan idola, pemilihan presiden, pemilihan kepala pengurus dan sebagainya. Kita pasti akan merasa emphaty terhadap salah satu pihak secara mendalam. Sehingga jika ada ketidak adilan muncul. Langsung spontan bersuara untuk mengkritik bahkan dengan tingkat kemarahan tertentu.

Namun jika semua diikuti akan menghabisi energi kita untuk hal yang bukan menjadi prioritas kita. Sehingga pekerjaan utama dan kebutuhan utama kita sehari-hari bisa terbengkalai. untuk itu terkadang ada baik nya untuk bersikap cuek. Tidak harus peduli terhadap semua hal. Dan mudah terpengaruh oleh pembicaraan orang lain.

Tutup telinga untuk hal negatif yang dibicarakan oleh orang lain yang ingin mengganggu ketenangan batin kita. Kemudian secara bijak memilah informasi agar dapat secara sadar, apakah informasi ini baik dan benar adanya sehingga kita bisa mengambil keputusan yang lebih baik lagi terhadap kehidupan kita.

JH mind Mind Blog